The Daily Routine of a Barista

Beberapa hari ini ketemu video menarik di youtube yang dibuat oleh seorang barista di Melbourne, dan ternyata banyak barista yang membuat vlog aktivitas harian mereka.

Sangat seru rasanya melihat aktivitas barista, di mana mereka tidak hanya menyeduh kopi, tapi banyak tugas dan role yang secara otodidak perlu mereka lakukan.

Contohnya dari membersihkan area cafe, mempersiapkan cafe untuk pembukaan, memastikan grinder dan espresso yang dihasilkan hari ini sudah sesuai standard dan takaran yang diinginkan, menyapa pelanggan dan mempersiapkan kopi dan minuman nikmat sesuai selera setiap pelanggan.

Salah satu yang menarik dapat dilihat di link ini:

Barista ini namanya Laura Angelia, salah seorang warga Indonesia yang menetap di Melbourne. Perhatikan bagaimana beliau hafal preferensi pelanggannya, dan bagaimana beliau mengatur tugasnya agar efisien dan tetap memiliki standard yang baik.

Seorang Barista juga seorang sales bagi sebuah cafe.

Tanggung jawab, attachment dengan pekerjaan dan passionnya, give their best service dan effort, always understand kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan produk akhir sesuai yang dibutuhkan pelanggan, memastikan standard pelayanan dan produk selalu terbaik.

Ini beberapa hal yang perlu kita terus kembangkan sebagai seorang sales. Be like a Barista, that understands the need and preference of your customer.

Happy Weekend. Sudah ngopi hari ini? Kamu minum kopi apa hari ini? 🙂 Kalau saya kopi hitam yang diseduh dengan metode V60. 

Cheers,

Andi Wu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *