Komunitas Sales Indonesia

Di sebuah kompleks perumahan, di depan pintu gerbang terbentang sebuah papan yang menggetarkan jiwa. Kata-kata di spanduk itu bertuliskan: Pemulung, Pengamen, Pengemis, dan Sales dilarang masuk kompleks ini. Begitu jeleknya persepsi masyarakat tehadap profesi Sales.

Padahal, salah satu indikator pertumbuhan suatu negara adalah pertumbuhan ekonomi yang baik, yang tentunya didorong oleh pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang ada di negara tersebut. Dan pertumbuhan perusahaan tentu sangat didorong oleh kuatnya team sales dalam perusahaan. Profesi sales memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah perusahaan, dan pada akhirnya akan memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan suatu negara.

Seorang Sales adalah seseorang yang bertugas membantu menyelesaikan masalah dengan produk yang mereka miliki. Untuk melakukan penjualan, banyak skill yang perlu dimiliki oleh seorang sales, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan mendengarkan, kemampuan analisa, kemampuan negosiasi, dan lain-lain.

Profesi yang sangat vital tersebut masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Bahkan sebagian orang sales yang kami tanya pun mengatakan bahwa mereka berharap anak mereka jangan jadi sales. Sebagai perbandingan, anak dokter mau jadi dokter, anak arsitek mau jadi arsitek.

Sebagai ujung tombak perusahaan, diperlukan sales yang bangga akan profesinya. Sales yang bangga akan memiliki karakter yang baik dan berdampak positif bagi bangsa dan negara. Indonesia tidak kekurangan sumber daya, tapi Indonesia kekurangan Sales yang berkualitas.

Prihatin dengan kondisi tersebut, maka beberapa orang yang mencintai dunia Sales, diprakarsai oleh Bpk. Dedy Budiman, seorang Sales Trainer, mendirikan sebuah komunitas dengan nama Komunitas Sales Indonesia (KOMISI) pada tanggal 11-11-2011. Beranggotakan ribuan orang di seluruh Indonesia, pada tahun 2018 komunitas ini melangkah lebih jauh lagi dengan mendirikan badan hukum Asosiasi Komunitas Profesi Sales Indonesia.

01

VISI

Menjadikan Profesi Sales Sebagai Pilihan Terbaik

02

MISI

• Memberikan informasi kepada masyarakat 
   tentang profesi sales sebagai pilihan terbaik

• Memberikan pelatihan tentang salesmanship

• Memberikan pembekalan tentang sales ethic
   dan profesionalisme sales

SUSUNAN PENGURUS

Dedy Budiman, M.Pd
Founder | Dewan Pembina

INDRA HADIWIDJAJA
KETUA UMUM

Yani Sastra
Bendahara

Titien Martini
Sekretaris Jenderal

Andi Wu
Sosmed dan publikasi